Selasa, 15 November 2011

Pengenalan Dasar PHP ( PHP Hypertext Preprocessor )

     Php merupakan suatu bahasa pemograman yang difungsikan untuk membangun suatu website dinamis, php berjalan pada sisi server sehingga php disebut juga sebagai bahasa server side scripting. Artinya bahwa dalam setiap menjalankan php, wajib adanya webserver. Php ini bersifat open source sehingga dapat dipakai secara cuma - cuma dan mampu lintas platform, yaitu dapat berjalan pada sistem operasi Windaows maupun Linux, php juga membangun modul pada web server apache dan sebagai binary yang dapat berjalan sebagai CGI.

     Pada awalnya php itu memiliki kepanjangan " Personal Home Page " atau yang dapat diartiakan  situs personal, php dibuat oleh Rasmus Leordof  tapi pada saat itu namanya bukan php tapi F1.

Macam -macam Versi PHP

- PHP / F1
Pada saat php pertama diciptakan Rasmus Leodorf, yang dulu bernama F1, php sudah digunakan untuk       mengolah form web. Kemudan versi ini mulai banyak dikembangkan sejak dirilis kepada khalayak umum.

- PHP versi 2.0
Pada versi ini, PHP sudah terintegrasi dengan bahasa pemograman seperti bahasa C dan dilengkapi dengan modul sehingga kualitas PHP juga sangat dratis mengkat.

- PHP versi 3.0
Pada versi ini , dilakukan perubahan nama PHP ( PHP Hypertext Preprocessor ).

- PHP versi 4.0
 Versi 4.0 merupakan versi yang paling banyak digunakan pada awal abad 21 karena sudah mampu membangun web secara kompleks dengan stabilitas kecepatan yang tinggi pula.

- PHP versi 5.0
Pada versi ini telah terjadi perubahan yang sangat besar, dimana PHP kini dikembangkan oleh perusahaan bernama Zend, serta melahirkan framework - framework yang ada.

- PHP versi 6.0
Pada versi php ini , php sudah mendukung Unicode, perbaikan keamanan memiliki fitur- fitur yang lebih baru  misalnya dukungan terhadap labeled breaks , membangun perulangan untuk array multi dimensi, dan lain - lain.

Kelebihan PHP

     Ada beberapa orang mengapa memilih php diantaranya :

1. Mampu lintas platform, php dapat dengan mudah diaplikasikan ke berbagi platform OS dan hampir sema  web browser mendukung php.

2. Free atau gratis yang bersifat open source.

3. PHP memiliki tingaktan akses yang cepat.

4. Didukung  oleh beberapa macam web server 

6. Mendukung data base, php mendukung beberapa data base bak yang gratisan maupn yang berbayar  seperti MySql, mSql, Infomix, SQL Server, Oracle.

Cara kerja PHP
     
    Php merupakan bahasa server side scripting, dimana php selalu membutuhkan web server dalam menjalankan aksinya, secara prinsip server akan bekerja apabila ada permintaan dari client, yaitu code - code PHP.  Client tersebut akan dikirimkan kepada server, kemudian server akan mengembalikan pada halaman sesuai instruksi yang diminta. 
- server membaca permintaan dari client / browser.
- kemudian dilanjutkan untuk mencari halaman pada server.
- server melakukan intruksi yang diberikan  oleh php untuk melakukan modifikasi  pada halaman.
- selanjutnya hasil modifikasi tersebut akan dikembalikan kepada client.

Sintaks dasar php

    sintaks dasar php meliputi bagaimana cara memulai suatu struktur pemograman php ada empat cara untuk memulai pemograman php
1. <?php. . . . .?>
2. <? . . .. .  .?>
3. <scrip t language="php"> . . . . . . .</script>
4. <% . . . .. . %>

dari berbagai sintaks dasar tersebut, yang paling banyak digunakan adalah cara yang pertama dan yan kedua dari atas , sebagai contoh kita akan menampilkan teks "Helo" pada halaman web, maka intaksnya,
<?php
echo "Hello";
?>








Sumber : Buku : 1. Trik jitu dan solusi pemograman PHP
                          2. cepat mahir pemograman web dengan PHP dan MySql

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More