Sebelum membahas lebih jauh tentang strategi dasar
perusahaan retail, saya mencoba untuk menjabarkan apa itu strategi, perusahaan,
dan retail.
apa itu STRATEGI ?
kata
strategi berasal dari bahasa Yunani "strategia" yang diartikan
sebagai "the art of the general" atau seni seorang panglima yang
biasanya digunakan dalam peperangan. Dalam pengertian umum, strategi adalah
cara untuk mendapatkan keme nangan atau mecapai tujuan. Strategi pada dasarnya
merupakan seni dan ilmu menggunakan dan mengembangkan kekuatan (ideologi,
politik, ekonomi,sosial-budaya dan hankam) untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan sebelumnya.
apa itu PERUSAHAAN ?
Perusahaan
adalah sutu organisasi dimana sumber daya (input) dasar seperti bahan dan
tenaga kerja dikelola serta diproses untuk menghasilkan barang atau jasa
(output) kepada pelanggan.
dan apa itu RETAIL ?
Retail
adalah penjualan dari sejumlah kecil komoditas kepada konsumen.
Retail berasal dari bahasa Perancis yaitu " Retailer" yang berarti " Memotong menjadi kecil kecil" (Risch, 1991 ).
Retail berasal dari bahasa Perancis yaitu " Retailer" yang berarti " Memotong menjadi kecil kecil" (Risch, 1991 ).
Sedangkan menurut Gilbert (2003)
Retail adalah Semua usaha bisnis yang secara langsung mengarahkan kemampuan
pemasarannya untuk memuaskan konsumen akhir berdasarkan organisasi penjualan
barang dan jasa sebagai inti dari distribusi
Dalam kamus Bahasa Inggris -
Indonesia, Retail bisa juga di artikan sebagai "Eceran"
Seperti
pada judulnya strategi dasar bisnis yang dapat di ikuti oleh organisasi atau
perushaan retail, Perusahaan retail biasanya menggunakan target pasar yang
terkonsentrasi secara geografi dibandingkan perusahaan manufaktur => Retail
dapat lebih beradaptasi dengan kebutuhan lokal, kebiasaan-kebiasaan dan
preferensinya, strategi bisnis yang harus diterapkan pada bisnis retail untuk
bersaing yakni :
1. Loyalitas Konsumen, loyalitas
konsumen berarti kesetiaan konsumen untuk berbelanja di lokasi
perusahaan retail kita, mempunyai konsumen yang loyalitas
adalah strategi yang penting dalam mempertahankan keuntungan dari parapesaing.
2. Program Loyalitas, bagian dari keseluruhan
manajemen hubungan antar konsumen
3. Lokasi, lokasi adalah factor utama
dalam pemilihan untuk konsumen.
4. Manajemen SDM riteil, tenaga kerja
intensif memiliki peranan penting dalam memberikan layanan pada konsumen dan
membangun loyalitas konsumen.
5. Promosi, kita harus mempromosikan
barang perusahaan kita agar dapat dikenal oleh konsumen, dan dalam strategi ini
banyak sekali media yand dapat digunakan tentunnya media periklanan.
Posisi strategis dasar bisnis berbeda yang dapat
digunakan oleh perusahaan retail tersebut
1. Posisi strategis berdasar keanekaragaman (variety-based) melibatkan produksi atau penyediaan
sebagian dari produk atau jasa dalam industri tertentu.
2. Posisi strategis berdasar kebutuhan (needs-based) melibatkan usaha untuk melayani
hampir seluruh kebutuhan dari kelompok pelanggan tertentu. Termasuk didalamnya
adalah mengidentifikasi target pasar. Sebagai contoh : sebuah perusahaan yang
memfokuskan pada para pensiunan.
3. Posisi strategis berdasar akses (access-based) melibatkan sebagian pelanggan yang
berbeda dari pelanggan lainnya dalam hal faktor-faktor seperti lokasi geografis
atau ukuran. Hal ini menimbulkan perbedaan kebutuhan dalam melayani para
pelanggan tersebut.
Bagaimana cara teknologi informasi dapat dipakai
untuk mendukung berbagai strategi dan posisi strategis berbeda dalam perusahaan
retail tersebut.
Pada
dasarnya peranan TI bagi setiap perusahaan bersifat unik dan spesifik. Hal ini
disebabkan
karena
masing-masing perusahaan memiliki strategi yang berbeda satu dengan yang
lainnya. Walaupun dua buah perusahaan misalnya berada pada sebuah industri yang
sama, namun peranan teknologi informasinya bisa sangat berbeda. Teknologi
informasi (TI), yang dikhususkan untuk pengolahan data menjadi informasi yang
bermanfaat bagi organisasi. Teknologi informasi terus-menerus mengalami
perkembangan baik dari segi bentuk, ukuran, kecepatan dengan kemampuan untuk
mengakses multimedia dan jaringan komputer.
sumber: http://ilmuretail.com/index2.php
http://carapedia.com/pengertian_definisi_strategi_info2036.html
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&ved=0CEoQFjAI&url=http%3A%2F%2Frepository.unhas.ac.id%2Fbitstream%2Fhandle%2F123456789%2F192%2FBAB%2520I%2520PENDAHULUAN.pdf%3Fsequence%3D2&ei=1iFqUPPzJYanrAfZ7IC4Bg&usg=AFQjCNELrztRxKLL3umRkB0SDXkOoDQ5AA&sig2=FouXbhL14GwYz3w3men84Q&cad=rja
sumber: http://ilmuretail.com/index2.php
http://carapedia.com/pengertian_definisi_strategi_info2036.html
http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&ved=0CEoQFjAI&url=http%3A%2F%2Frepository.unhas.ac.id%2Fbitstream%2Fhandle%2F123456789%2F192%2FBAB%2520I%2520PENDAHULUAN.pdf%3Fsequence%3D2&ei=1iFqUPPzJYanrAfZ7IC4Bg&usg=AFQjCNELrztRxKLL3umRkB0SDXkOoDQ5AA&sig2=FouXbhL14GwYz3w3men84Q&cad=rja
0 komentar:
Posting Komentar